BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS »

Rabu, 24 Februari 2010

DIAM KARENA HAMBATAN…ITU BUKAN SOLUSI !!!

    Satu kalimat yang sangat terkenal didunia “Kami tidak akan mengubah suatu kaum, jika kaum itu tidak mau mengubahnya sendiri” bagi orang muslim, kalimat ini memang tak terlalu asing, karena kalimat ini memang berasal dari Al-Qur’an yang merupakan pedoman atau pegangan hidup bagi kaum muslimin. Berbagai hambatan hidup memang selalu membuat manusia melepaskan asa begitu saja. Mereka beranggapan hidup ini tak adil, hidup ini nista, bahkan sebagian dari manusia dimuka Bumi ini menyalahkan Tuhan, mereka beranggapan Tuhan tak adil. Bukannya sok realistis, tapi memang begitulah hidup ! setiap makhluk hidup pasti akan merasakan asam garamnya kehidupan, tinggal bagaimana manusia itu menanggapinya yang akan berbuah manisnya kehidupan.

Berbagai bentuk pola pikir berbagai manusia, menurut aku sih..manusia dapat dibagi menjadi beberapa kelompok, antara lain :

1.     Manusia yang selalu ingin berkembang, manusia yang satu ini dapat didefenisikan sebagai manusia yang berfikir. Karena dia selalu ingin mendapatkan hal yang baru dalam kehidupan ini. Dia ingin mengubah tatanan kehidupan yang ada pada saat ini hingga lebih baik, tapi dia bukan pekerja.

2.    Manusia yang selalu ingin maju, perbedaan manusia yang ini dengan manusia yang selalu ingin berkembang terletak pada pola pembentukan karakternya. Manusia yang selalu ingin maju selalu beranggapan bahwa ia yang paling benar dan sebagian dari dirinya memiliki sifat egois.

3.    Manusia yang selalu ingin berkembang dan ingin maju. Nah..! manusia yang satu ini lah yang akan menguasai dunia dengan genggamannya. Kenapa..? manusia ini selalu berfikir kedepannya dan selalu belajar dari hal yang mengganjalnya, tapi ! jika manusia yang ini tidak dikendalikan dengan tata moral yang baik. Wallahuallam lah apa yang akan terjadi.

4.    Manusia yang sok berpikiran dewasa, aku kalau liat manusia yang satu ini, rasanya nak aku gampar aja..Kenapa tidak ? dia sok ngomong “woi, ko tu jangan kek anak kecil, coba belajar untuk dewasa dikit napa” gak tw nya dia sendiri mabuk-mabukan, main judi, mainin perasaan cewek. Apa kayak gitu yang dinamain dewasa ? nggak kan. Dewasa tu kita gunain kalau kita lagi menghadapi permasalahan. Sebagai contoh : Seorang Presiden kan harus bijaksana dalam mengambil keputusan, Nah..coba bayangkan kalau seorang Presiden sedang manghadiri reunion Sekolah Dasarnya dulu..pasti tingkahnya keg anak-anak kan.

Inti dari tulisan ini, masalah itu hal yang biasa dalam kehidupan. Terkadang kita juga sering mencari masalah. Jadi buat apa harus kita takutkan, tinggal gimana aja mau kita tanggapain dan gimana cara kita mecari solusi, karena diam bukanlah sebuah solusi dari sebuah permasalahan. Tinggal pilih, kita mau jadi orang yang berpikiran kayak apa. Mau maju atau mundur. Ingat ! pilihan cuman dua, maju atau mudur dan gak ada namanya Jalan di tempat. Karena hidup bukanlah baris berbaris.

0 komentar:

Prof. DR. ROBERTTO, S.Pi, M.Sc